KOMPUTER & MASYARAKAT
BAB 1
KOMPUTER
ADA
DIMANA-
MANA
KOMPUTER
Komputer digunakan sebagai alat bantu
untuk menyimpan, mengolah, dan
mengambil kembali data atau informasi
yang diperlukan.
Beda komputer dengan produk teknologi lainnya:
• Dapat diprogram untuk melakukan
beragam tugas
• Kecepatan proses yang tinggi
• Ketelitian yang tinggi
• Kualitas produk yang lebih baik
Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan
Menggunakan Komputer :
1. Perbankan
2. Perdagangan
3. Industri
4. Transportasi
5. Rumah Sakit
6. Pendidikan
7. Seni
8. Penelitian
9. Rekreasi
10. Hankam
11. Komunikasi
Bidang Perbankan
?Sistem uang elektronik (ATM, kartu
kredit dan debit)
?Penyimpanan data
?Pemrosesan transaksi secara on-
line
?Pembayaran tagihan secara on-line
Bidang Perdagangan
?Memproses data transaksi dalam
jumlah yang banyak.
?Menyimpan hasil transaksi,
persedian barang-barang (stock).
?Pembuatan laporan keuangan,
faktur, surat-surat, dokumen dan
lain-lain
?Selain pembayaran tunai bisa juga
secara elektronik
Bidang Industri
?CAM - Computer Aided Manufacturing
untuk meningkatkan produktivitas
?CAD - Computer Aided Design untuk
merancang produk industri misal :
mobil, dll
?Penggunaan robot yang dikendalikan
oleh komputer dari jarak jauh.
?Smart Car
Bidang Kedokteran
?Membantu dokter dalam mendiagnosis
penyakit pasien.
?CAT - Computer Axial Tomography
untuk menghasilkan gambar sinar-X
bergerak.
?Membantu tuna netra membaca
dengan teks khusus.
?Menyimpan riwayat penyakit pasien,
penggajian karyawan RS
?Mengelolaan persediaan obat-obatan.
Bidang Pendidikan
?CBE - Computer Based Education
sebagai alat pembelajaran.
?CAI - Computer Assisted Instruction
digunakan pendidik untuk
menyampaikan arahan dalam
pelajaran.
?Menyimpan data-data pendidik dan
para murid, materi belajar dan soal-
soal ujian maupun latihan.
Bidang Seni
?SYNTHESIZER digunakan untuk
bunyi alat musik seperti bunyi gitar
dan piano.
?Untuk proses penciptaan lagu.
?Untuk menghasilkan animasi dalam
film-film kartun dan special effect.
Bidang Penelitian Science
?Penyelidikan tenaga nuklir dan
pemrosesan data.
?Penelitian ruang angkasa
?Ramalan cuaca seperti pengambilan
gambar awan.
Bidang Rekreasi
?Sumber alat rekreasi seperti games
on-line.
?Roller Coaster yang dikendalikan
oleh komputer
Bidang Hankam
?Kapal perang & kapal terbang
dipasang peralatan komputer untuk
membantu navigasi atau serang
yang lebih tepat.
?Untuk simulasi perang atau terbang
Bidang Komunikasi
?Telekomunikasi yaitu
teleconference.
?E-mail, voice mail dll
?Modem sebagai alat sarana
komunikasi antar komputer dengan
internet.
?Informasi perjalanan
Isu Sosial
Dampak Positif
1. Komunikasi yang
lebih baik.
2. Transportasi data
yang cepat & aman.
3. Pekerjaan selesai
lebih cepat &
akurat.
4. Efisiensi tenaga
kerja
Dampak Negatif
1. Manusia tergantung
dengan komputer.
2. Kehilangan
pekerjaan karena
komputer lebih
cepat & teliti.
3. Cracker yang
merusak data-data
dalam komputer
walaupun sudah di
password.
Isu Sosial
• Pekerjaan
- Pengaruhnya terhadap lapangan kerja
- Persaingan antara tenaga ahli dan bukan tenaga ahli
• Kesehatan
- Pengaruhnya terhadap kesehatan fisik pengguna
komputer
- Adakah pengaruhnya pada kesehatan jiwa karena
kehilangan kontak sosial
• Privacy (Kebebebasan Pribadi)
- Siapa yang berhak menggunakan informasi pribadi
yang di kelola oleh pemerintah atau lembaga-2
tertentu
Isu Sosial
• Etika & Profesionalisme
- Seberapa jauhkah tanggung jawab para ahli
komputer terhadap profesinya?
- Haruskah mereka memiliki etika profesi seperti
para dokter dan ahli hukum?
• Kendali Terpusat
- Tersedianya informasi yang cepat dan akurat
mendorong pelebaran kekuasaan pengelola
terhadap pekerja.
• Kesenjangan Keahlian
- Apakah akan terjadi dikhotomi keahlian antara
yang memiliki keahlian komputer dan yang tidak
Isu Sosial
• Tanggung jawab
- Adakah masyarakat akan terkotak-kotak oleh
penyebaran penggunaan komputer?
- Apakah banyak keluarga akan semakin
menyendiri
- Apakah produksi barang akan menurun drastis
dengan berpindahnya pekerjaan masyarakat ke
pelayanan jasa
• Citra diri manusia
- Apakah komputer akan mempengaruhi citra diri
manusia
- Dapatkah kualitas manusia dipertahankan di era
komputer
- Bagaimana dengan keyakinan diri karena banyak
tugas manusia yang digantikan oleh komputer.
SEJARAH KOMPUTER DAN INTERNET
Pengertian Dasar
Teknologi Komputer (TK)
Suatu produk teknologi yang memiliki kemampuan dapat diprogram guna melaksanakan bermacam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Teknologi Telekomunikasi (TT)
Suatu produk teknologi yang memungkinkan dua atau lebih agen dalam tempat terpisah dapat saling bertukar informasi
TI = TK + TT
Pengertian Dasar
Komputer
Komputer adalah sebuah mesin yang dapat diprogram untuk menerima data (input), memrosesnya menjadi informasi yang berguna, dan menyimpannya (dalam sebuah alat penyimpan sekunder) untuk diambil lagi bilamana diperlukan.
Memori Manusia
Komputer
Piranti Hardware
Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan Sekunder
Piranti Input
Piranti Input
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi I (1946-1959)
Komponen menggunakan tabung hampa
Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin
Sudah menggunakan konsep stored program
Ukuran fisiknya besar, kapasitas penyimpanan kecil,cepat panas, membutuhkan daya listrik yang besar
Proses operasinya sangat lambat
Komputer Generasi II (1959-1964)
Komponen menggunakan transistor
Program menggunakan bahasa tingkat tinggi
Ukuran fisiknya jauh lebih kecil dari generasi I dan hanya membutuhkan daya listrik yang kecil
Sejarah Komputer
Terbagi 2 ( dua ) :
Sebelum tahun 1940
Sesudah tahun 1940
Sejarah Komputer
Sebelum Tahun 1940
Bisa dapat digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
Peralatan manual:
Peralatan Mekanik:
Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan Elektronik:
Contoh : Abacus, Kalkulator roda numerik
Sejarah Komputer
Sesudah Tahun 1940
Komputer Generasi I
( 1940-1959 ).Komputer Eniac
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi II ..
Sudah menggunakan memori sekunder seperti:
magnetik tape yang berbentuk removable disk
Kecepatannya operasi mendekati jutaan operasi perdetik
Komputer Generasi III (1964-1970)
Komponen menggunakan IC (Integrated Circuit)
Program menggunakan bahasa tingkat tinggi
Ukuran fisiknya jauh lebih kecil dari generasi II dan membutuhkan daya listrik yang lebih hemat
Sudah menggunakan memori sekunder yang berkapasitas besar dan bersifat random access
Kecepatannya dari jutaan operasi perdetik.
Multiprocessing dan multiprogramming
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi IV (1970 - 1982)
Komponen menggunakan LSI IC (Large Scale Intregation Integrated Circuit)
Program menggunakan bahasa tingkat tinggi
Ukuran fisiknya bervariasi menyesuaikan kapasitas data dan keperluan-2 khusus
Sudah menggunakan memori sekunder yang berkapasitas besar dan bersifat random access
Kecepatannya dari mega hingga nano operasi perdetik.
Multiprocessing, alat input outputnya sudah berbasis grafik
Kemampuan komunikasi data antar komputer
Harga semakin murah
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi V (1982 - ?)
Kecepatannya operasi bukan isu utama lagi
Graphical User Interface/GUI dan kecerdasan buatan menjadi aspek penting mendasari OS dan sebagian besar aplikasi
Bahasa pemrograman berorientasi obyek
Pengolahan data bersifat terdistribusi/tersebar
Masih terus berkembang…
Perkembangan Bahasa Pemrograman
Klasifikasi Komputer
Klasifikasi komputer ditentukan oleh ukuran data, Kecepatan pengolahan, tujuan khusus.
Klasifikasi itu adalah sbb:
Super Computer
Mainframe
Mini Computer
Personal Computer
Note Book Computer (laptop)
Personal Digital Assistants (PDA)
SUPER KOMPUTER
Penelitian didasarkan pada kekuatannya untuk mempelajari arus samudra HECToR yang memungkinkan untuk membangun bagian-bagian kecil dalam memajukan penggabungan komputerHECToR untuk membuat pesawat perang yang lebih tidak terlihat oleh radar.
Proyek-proyek lainnya termasuk penelitian superkonduktor, mesin pembakar, dan material-material baru.
Pada saat ini ilmuwan sangat tertarik pada super komputer yang compatibel karena mereka tahu itu; ilmuwan bekerja di lapangan berinterval dari kosmologi dan fisika atom ke simulasi bencana dan peduli kesehatan akan juga memakai komputer.
Mesin ini adalah salah satu penemuan yang paling mutahir dan terbesar saat ini, beberapa ilmuwan berkata"inilah teknologi yang kami cari" mesin ini yang berdiri atas nama HECToR yang berarti High-End-Computing-terascale-Resource. Super komputer ini dibuat di USA dan pemimpin pabriknya berada dalam salah satu perusahaan yang bertanggung jawab yaitu Cray.Inc
Komunikasi Data
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan jaringan, maka komputer modern merupakan komputer-2 yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan serta dapat saling mentransmisikan data dan bertukar informasi.
Arah Transmisi data:
Simplex (Hanya satu arah)
Half Duplex (Dua arah namun hanya satu pada waktu yang sama)
Full Duplex (Dua arah pada waktu yang bersamaan)
Media Transmisi
Kabel: Twisted Pair, Coaxial, Fiber Optik
Nir Kabel: gelombang Radio, Microwave, Satelite
Komunikasi Data
Komunikasi Data
3 Macam Jaringan berdasarkan cakupan geografisnya:
Local Area Network (LAN)
Metropolitan Network (MAN)
Wide Area Network (WAN )
Local Area Network (LAN)
Sekilas Internet
Diawali dengan riset oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) suatu proyek riset dari Departemen Pertahanan AS
Membangun ARPANET
Menghubungkan empat Lokasi
– UCLA
– University of Utah
– Standford Research Institute
– University of Santa Barbara
Apa itu internet
Koneksi ke Internet
Persyaratan koneksi ke internet adalah sbb:
Sebuah Personal Computer yang dapat menjalankan aplikasi browser
Sebuah Modem
Saluran Telpon
Member dari Internet Service Provider
Aplikasi Browser
Netscape Navigator
Internet Explorer
Mozaic, Opera, Mozila Firefox, dll
Layanan Standard Internet
• Mirip dengan Snail mail (surat konvensional)
• Harus memiliki alamat pengirim dan tujuan
• Email akan disimpan dalam sebuah emailbox, sehingga sipenerima tidak harus senantiasa terhubung ke internet
• Harus memiliki sebuah account pada email server yang berada pada sebuah Internet Service Provider (ISP)
• Email server dapat dihubungi dari manapun kita berada. Semua ini dimungkinkan karena adanya dua buah protokol masing-2 adalah Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) dan Post Office Protokol(POP)
Anatomi Alamat Email
whanz@stmik.ac.id
• User name sebagai identitas pengirim dapat berupa nama, alias ataupun nickname : whanz
• Diikuti oleh tanda axon “@”
• Sesudah itu domain name yang menunjukkan nama organisasi pemilik : “stmik.ac.id”
• Bagian paling belakang adalah informasi untuk:
– .com menunjukkan lembaga-lembaga komersial
– .edu, .ac lembaga pendidikan
– .gov lembaga pemerintah, .mil utk militer
– Dapat merupakan identitas negara: Singapura (sg), Australia (au), Amerika (us), Kanada (ca), Inggris (uk)
Jenis-jenis Email (Berdasarkan mekanisme)
• POP Email/Organization Email
Email yang diselenggarakan oleh organisasi dari pemakai ataupun ISP
• Web based email/Free Email
Email yang diselenggarakan oleh sebuah situs/portal tertentu
Sering bersifat gratis, misal: yahoo.com,lycos.com, astaga.com dsb
• Email Forwarder
Suatu cara untuk membuat alias dari alamat
email yang lain
Organizational E-mail
Web Email
Variasi Bentuk Email
• Point to Point
Mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu
• Carbon Copy
Membuat tindasan/tembusan pesan kepada user lain
• Blind Carbon Copy
Si penerima email utama tidak tahu kepada siapa email itu
ditembuskan
• Distribution List
Informasi bersifat searah ditujukan kepada seluruh anggota
didalam list
• Discussion List/Mailing List
Informasi bersifat dua arah dan ditujukan kepada semua anggota didalam list
Email Abuse
• Spamming, email yang ditujukan kepada orang-orang yang tidak menghendakinya, bisa tunggal bisa juga banyak dan dapat ditujukan kepada banyak orang
• Spoofing, penyalahgunaan alamat email oleh orang lain. Bila kita menjadi korban spoofing maka akan ada orang lain yang seolah-olah menerima email dari kita, padahal sebenarnya orang lain yang mengirimkan email tersebut
• Virus email, virus memang dapat menyebar melalui email, tetapi tidak melalui emailnya itu sendiri melainkan melalui attachment file.
• Hoax, email yang isinya tipuan, menakut-nakuti, atau menjanjikan pada kita sesuatu yang sebenarnya mustahil.
Netiket Pada Email
• Tidak menulis dengan huruf besar semua karena dapat dipersepsikan berteriak
• Menggunakan emoticon/smiley untuk menunjukkan emosi kita
• Memberitahu alamat sebuah situs menarik kepada orang lain
cukup dengan menulis alamatnya saja.
• Sebuah milis biasanya memiliki tujuan / topik tertentu, usahakan jangan menulis sebuah pikiran yang berbeda dengan topik yang sudah ditetapkan
• Dalam menjawab sebuah email jangan menyertakan seluruh isi dari email sebelumnya, editlah sehingga hanya bagian-2 penting saja yang dimuat.
• Jika menggunakan fasilitas email bersama, lakukan secera off-line shg pengiriman menjadi cepat, efektif dan efisien
• Hindari penulisan baris yang terlalu panjang
• Perlu dihindari pengiriman email dengan file attachment yang besar, karena berakibat waktu download yang lama. Hal ini dapat dilakukan atas seijin sipenerima
World Wide Web (WWW)
Adalah suatu layanan internet yang mampu menyajikan informasi baik berupa teks, grafik, animasi, dan multimedia
URL (Uniform Resource Locator)
Navigasi Informasi
• Searching Informasi dapat menggunakan Search Engine.
• Harus tahu Keyword Informasi yang akan dicari.
• Beberapa Search Engine Internet
– http://www.yahoo.com/
– http://www.altavista.digital.com/
– http://www.lycos.com/
– http://www.webcrawler.com/
– http://www.google.com/
– Dll
Search Engine.
Internet Media Komunikasi Dunia
• Sebagai media penyebaran informasi
– Memiliki banyak kelebihan dibandingkan media massa lain.
– Mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia
– Untuk menjangkau 60 juta orang :
• Butuh 30 tahun untuk radio
• Butuh 15 tahun untuk televisi
• Butuh 3 tahun untuk Internet
Internet Media Komunikasi Dunia
• Internet sumber informasi utama
– Informasi apapun (baik/buruk/bermanfaat) bisa dicari di Internet
– Banyak perusahaan bisnis sudah membangun situs Web. Situs komersial tumbuh paling cepat
– Bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak)
• Kompas Cyber Media, Detik, Satunet, CNN, dll
– Trend : Informasi akan gratis
• Encyclopedia Britannica, 32 set buku tersedia gratis di Internet
• The more information you share, the greater your return on that information
Pemanfaatan Internet
• Munculnya kantor modern
• E-shopping
• E-banking
• On-line Ticketing
• On-line newspaper
• On-line medical advice
Trend Masa Depan
• Semua serba e :
– e-trade
– e-shopping
– e-business
– e-govt
• Akses ke Internet tanpa perlu PC
– lewat PalmPilot, kabel TV, HP, dll
• Telepon selular sudah mampu menjalankan berbagai aplikasi nternet
– Akses Internet dari mana saja
Kesimpulan
• Teknologi informasi merupakan perkawinan antara teknologi komputer dan Telekomunikasi
• Kelebihan komputer dari teknologi lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram sehingga dapat menjalankan berbagai macam tugas
• Teknologi Informasi berkembang dengan kecepatan yang menakjubkan dibandingkan dengan teknologi lainnya
• Aplikasi TI telah merambah berbagai aspek kehidupan manusia
• Dalam era informasi global, informasi telah menjadi kebutuhan utama seperti layaknya kebutuhan pokok manusia lainnya.
• Internet sumber informasi utama dan sumber penyebaran informasi tercepat
• Trend kehidupan masa depan semua akan serba “e”
Transitional
MATERI : 3
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG
Bagaimana komputer diterapkan di :
dunia pendidikan
dunia Bisnis
pemerintahan
KOMPUTER DAN
DUNIA PENDIDIKAN
Aplikasi Non Pengajaran
CBE (Computer Based Education)
Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
CAT (Computer Assisted Testing)
Ujian berbantuan komputer
Sebagai pengganti kertas ujian
Tanya jawab interaktif
Aplikasi Non Pengajaran (2)
CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai.
Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
Aplikasi Pengajaran
CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI :
Latih dan Praktek (Drill and Practice)
Menguji tingkat pengetahuan siswa.
Penjelasan (tutorial)
Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
Simulasi
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
Pemainan (game)
Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.
Contoh: Sistem CAI – PLATO
Dibuat di Illinois Univ. & Central Data Corp.
Tujuan : memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi.
Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman, spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di UNITED AIRLINES
Digunakan di IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A
Contoh: Sistem CAI – PLATO (Lanjutan)
Rancangan PLATO :
Terdiri dari satu komputer besar CDC dihubungkan ke terminal-terminal jarak jauh.
Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus & telepon.
terminalnya memiliki kemampuan touch sensitive dan keyboard, optical scanner, unit pencetak.
melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda, masing-masing 32 terminal
Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat
Contoh: Sistem CAI – TICCIT
Dikembangkan di perusahaan MITRE
Ciri Khas
Dirancang agar semua aplikasi perangkat lunak dapat diterapkan terpadu.
Tidak dirancang untuk latih & praktek tapi lebih ke bentuk penjelasan.
Memungkinkan pemakai lebih berinisitaif dibandingkan CAI lainnya.
Contoh: Sistem CAI – TICCIT (Lanjutan)
Rancangan TICCIT
mampu melayani sampai 128 unit belajar tiap unit terdiri dari televisi berwarna, keyboard khusus (15 tombol), earphone, tempat belajar, buku catatan.
Kawasan materi ajaran meliputi : bhs prancis, inggris, spanyol, linguistik, logika simbolis, latihan petugas penerbangan, ilmu kelautan, keperawatan dan elektronik
3 jenis informasi TICCIT :
Aturan, contoh, latihan.
Metode Pengajaran Logo
Menggabungkan 3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi & Ilmu komputer.
Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner.
Tujuan pengembangan :
Membuat berbagai model metode belajar.
Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang sudah dicapai.
Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin belajar
Metode pengajaran LOGO
Dibantu & mencari jalan sendiri.
Kelebihan : kemampuan bertanya jawab secara lansung.
Fasilitas yang terkenal : grafika kura-kura (turtle graphic) yaitu suatu lambang berbentuk segitiga di layar.
Metode Pengajaran Small Talk-80
Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT).
Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai.
Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan mereka dengan cara yang mudah dimengerti.
Isyu untuk di diskusikan
Apakah benar komputer meningkatkan kemampuan belajar?
Apakah komputer akan mendorong manusia untuk mengembangkan ilmu?
KOMPUTER DAN DUNIA USAHA
MENGAPA BISNIS MEMBUTUHKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pendukung Operasional Bisnis
Pendukung Pengambilan Keputusan Manajerial
Pendukung Strategi Keunggulan Kompetitif
Komputer dalam dunia bisnis mendukung:
PENYIAPAN DATA
PEMASUKAN DATA
PERHITUNGAN
PENGAWASAN PENGHITUNGAN
PENYIMPANAN
PENGELUARAN
PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA BISNIS
Definisi
Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.
Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan
Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.
Sistem Informasi
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi untuk memberikan informasi kepada manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Pengolahan Data
Menurut George R. Terry pengolahan data adalah serangkaian operasi atas informasi yang direncanakan guna mencapai hasil yang diinginkan.
Jadi Pengolahan Data merupakan suatu proses atau langkah yang dilakukan dengan suatu sarana yang memungkinkan (manual/komputer) untuk mengubah data menjadi informasi agar dapat digunakan untuk tujuan tertentu.
20
8 Aktifitas Pengolahan Data
Input (masukan)?
Calculating (menghitung)?
Comparing (membandingkan)?
Sorting (menyortir)?
Output (keluaran)?
Storing (menyimpan)?
Reading (membaca)?
Transmiting (memindahkan)?
21
Model Sistem Pengolahan Data
Sistem Terbuka
Proses pengolahan data dilakukan dengan sistem terbuka tanpa feedback (umpan balik) sehingga kualitas hasil tidak dapat diukur/dikontrol dan jika terjadi kegagalan resikonya fatal.
22
Sistem Lingkaran Tertutup
Proses pengolahan data memanfaatkan feedback (umpan balik) untuk pengendalian proses sehingga kualitas output dapat diukur setiap saat akibatnya resiko kegagalan rendah. Umpan balik yang baik memiliki dmensi-dimensi sebagai berikut : Relevansi, Akurasi, Ketepatan Waktu, Kelengkapan
Model Sistem Pengolahan Data (2)
Fungsi Informasi
Informasi adalah bahan bagi pengambilan keputusan yang berfungsi untuk:
Menambah pengetahuan pemakai informasi
Mengurangi ketidakpastian pemakai informasi karena dapat memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga pengambil keputusan dapat menentukan keputusan secara lebih cepat.
Menjadi standar, aturan, maupun indikator bagi pengambil keputusan untuk menentukan keputusan secara lebih baik.
Diperlukan Sistem Informasi manajemen supaya informasi sebanyak apapun dapat dikelola secara efektif dan efisien.
24
Middle Manager
First Line Manager
Top Manager
Keputusan
Ketrampilan
JENJANG MANAJEMEN
Konseptual
Manusiawi
Teknis
Top
Manajer
Konseptual
Manusiawi
Teknis
First Line
Manajer
Middle
Manajer
Teknis
Konseptual
Manusiawi
KETRAMPILAN MANAJEMEN
Kebutuhan SIM pada Organisasi
Manajemen Tingkat Atas
• ESS (Executive Support System)?
Manajemen Tingkat Menengah
• DSS (Decision Support System)?
• MIS (Manajement Information System)?
• OA (Office Automations)?
Bagian Operasional
• DP (Data Processing)?
• TPS (Transaction Processing System)?
Mengapa perlu SIM?
Jumlah transaksi yang besar, sangat membutuhkan tersedianya informasi.
Adanya departemenisasi dalam suatu organisasi, kebutuhan informasi bukan merupakan persoalan yang sederhana. Kebutuhan informasi bukan hanya berkaitan dengan relasi di luar organisasi, tetapi juga berkaitan dengan person-person yang ada pada departemen dalam organisasi yang bersangkutan. Oleh karena itu diperlukan koordinasi dan komunikasi yang sistematik.
Semakin kompleksnya kegiatan, akan mempersulit koordinasi dan komunikasi apabila tidak diciptakan suatu sistem. Akibatnya efisiensi dan efektifitas menjadi sesuatu yang sulit untuk diwujudkan. .
Keuntungan SIM
Pimpinan dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien
Pengumpulan data berlangsung secara sistematika dan periodik
Butir-butir data tidak perlu diperbanyak walaupun dapat digunakan oleh beberapa keperluan
Efisiensi, efektifitas dan transparansi meningkat.
SIM Membutuhkan :
Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Hardware
Sumber Daya Software
Sumber Daya Data
Sumber Daya Jaringan
PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (EDI)
EDI
Adalah proses pertukaran data bisnis yang dilakukan secara elektronik tanpa melibatkan manusia.
Contoh: Pemesanan barang, Transfer dana dsb
Mengurangi Kesalahan
Mengurangi Biaya
Meningkatkan Efisiensi Operasional
Meningkatkan Kemampuan Bersaing
Meningkatkan Hub. Dgn Mitra dagang
Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
MANFAAT EDI
SISTEM OTOMASI PERKANTORAN (Office Information System )
Sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas pemrosesan informasi sehari-hari didalam perkantoran dan organisasi bisnis.
Aplikasi Otomatisasi Perkantoran
Pengolah Kata (Word Processing)
Surat Elektronik (Electronic Mail)
Surat Bersuara (Voice Mail)
Kalender Elektronik (Electronic Calendaring)
Konferensi Suara (Audio Conferencing)
Konferensi Video (Video Conferencing)
Facsimile (FAX)
Videotext
Pencitraan (Imaging)
Desktop Publishing
KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN
TUJUAN:
Memberi kemudahan dan kesederhanaan prosedur, sehingga penerapannya memerlukan perubahan struktur organisasi pemerintahan itu sendiri.
Membentuk hubungan:
G2C (Governmet to Citizen)
G2B (Government to Business)
G2G (Government to Government).
Peningkatan hubungan antara:
Pemerintah
Pelaku bisnis
Masyarakat umum
MANFAAT UMUM
APLIKASI KOMPUTER DI PEMERINTAHAN
Aplikasi kepegawaian
Aplikasi di pemerintahan daerah
Aplikasi Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK)
Aplikasi perpajakan
Aplikasi pertanahan
dll
E-Goverment
PEMICU UTAMA e-GOV
Era Globalisasi melanda lebih cepat
Perkembangan ICT yang pesat
Tuntutan penyelenggaraan pemerintah yang transparan, efisien dan efektif.
Pesatnya pertumbuhan Digital Enterprize
DEFINISI e-GOVERNMENT
Penyelenggaraan pemerintahan berbasis ICT yang kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-Government relationship) sehingga mampu meningkatkan kualitas layanan publik secara transparan, efektif dan efisien.
MANFAAT E-GOVERNMENT
Menunjang Good Governance
Meningkatnya layanan publik Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pelayanan publik( Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan)
Menjadi sarana Public Relation untuk meningkatkan citra Pemerintah
Menciptakan peluang bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru.
Pemberdayaan masyarakat (Masyarakat mudah melakukan pengaduan atau keluhan terhadap kondisi lingkungannya)
Meningkatkan kualitas data kependudukan
KARAKTERISTIK GOOD GOVERNANCE
Visi Strategis
Partisipasi masyarakat
Aturan hukum yang jelas
Transparansi
Dapat dipertanggung-jawabkan
Responsif
Keadilan dan persamaan
Profesional
JENIS LAYANAN E-GOV (1)
Ruang lingkup Layanan e-Gov yang terintegrasi (Sumber: Winarno, 2004, 23)
JENIS LAYANAN e-GOV (2)
Layanan e-Gov yang terintegrasi dapat dipilah dalam tiga level, yaitu:
Publikasi, pemerintah secara transparan mempublish ke website segala macam informasi, kebijakan, prosedur, aturan perundangan, aktivitas pemerintahan dsb
Interaksi, pemerintah dan masyarakat dapat melakukan komunikasi dua arah melalui media web maupun email, sebagai upaya mengikut sertakan masyarakat dalam proses pembangunan daerah, tentunya hal ini sangat sejalan dengan semangat otonomi daerah
Transaksi, pemerintah mengikutsertakan masyarakat secara terbuka untuk bertransaksi dengan pemerintah, misalnya dalam hal lelang maupun tender online, lebih jauh lagi pemerintah dapat memfasilitasi masyarakat dengan investor untuk melakukan kegiatan e-business.
INFRASTRUKTUR
Sarana fisik
Perangkat hardware yang berkembang pesat
Jaringan Telekomunikasi yang sudah terbangun baik jaringan back bone maupun jaringan akses seperti: VSAT, ISDN, SKSO, DSL, VoIP, dsb
Sarana non-fisik
Perangkat peraturan dan perundang-undangan
Kebijakan
Restrukturisasi Sistem Informasi
PETA APLIKASI e-GOV
KUNCI SUKSES E-GOV (1)
Pemanfaatan ICT dalam proses penyelenggaraan pemerintahan
Penggunaan Internet
Penggunaan Infrastruktur Telematika
Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi
Standarisasi Metadata
Transaksi dan Pertukaran Data Elektronik
Sistem Dokumentasi Elektronik
Pembangunan Basis Data Terintegrasi
KUNCI SUKSES E-GOV (2)
Adanya 5 kategori ketersediaan :
akses jaringan yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat baik medianya (PC,PDA, Mobile Phone dll) maupun tempat aksesnya (Kantor, Kampus, Fasilitas Pemerintah, Warnet, Warintek, dll).
kepemimpinan pemerintah dan industri dalam mengusahakan e-government dan e-business
kekuatan hukum dalam melindungi hak intelektual,
ketersediaan tenaga kerja yang mendukung e-business
iklim e-business.
KUNCI SUKSES E-GOV (3)
Perubahan Paradigma
ICT hanyalah sebatas tools, namun yang terpenting dari e-government adalah perubahan paradigma, dari Government Centric menuju Customer Centric sehingga layanan-layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Hambatan dalam E-Government
Masalah Pendanaan
Sudah tersedia dana, tapi belum tahu bagaimana memanfaatkannya
Sudah tersedia dana, perencanaan penggunaannya masih semrawut
Dana yang sudah dikeluarkan tidak tepat sasaran
Alokasi dana kurang proporsional
Perlu metoda untuk optimalisasi dana
Infrastruktur (fisik dan non-fisik)
Sarana fisik: perangkat hardware, Jaringan telekomunikasi, fasilitas IT lainnya
Sarana non-fisik:
Perangkat peraturan dan perundang-undangan
Kebijakan
Hambatan dalam E-Government (2)
Masalah Standarisasi
Agar proses pelayanan dapat memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan
Agar proses berjalan secara seragam
Agar ada prosedur operasional yg stabil
Agar terjadi keunikan dalam identifikasi data dan kemampuan penelusuran data
Agar integrasi e-government secara nasional dapat berjalan dengan lancar
Sumber Daya Manusia (SDM)
Kultur berbagi belum ada.
Kultur mendokumentasi belum lazim.
Tempat akses yang terbatas.
TUGAS - 2
Menurut anda apakah penerapan komputer di dunia pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan
Menurut anda apakah komputer dapat lebih meningkatkan kemauan belajar dan prestasi pelajar
Apakah menurut pendapat anda penerapan E-Goverment dapat menegakkan good governance serta dapat meniadakan penyakit pelayan masyarakat yaitu KKN
omputer
Piranti Hardware
Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan Sekunder
Piranti Input
Piranti Input
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi I (1946-1959)
Komponen menggunakan tabung hampa
Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin
Sudah menggunakan konsep stored program
Ukuran fisiknya besar, kapasitas penyimpanan kecil,cepat panas, membutuhkan daya listrik yang besar
Proses operasinya sangat lambat
Komputer Generasi II (1959-1964)
Komponen menggunakan transistor
Program menggunakan bahasa tingkat tinggi
Ukuran fisiknya jauh lebih kecil dari generasi I dan hanya membutuhkan daya listrik yang kecil
Sejarah Komputer
Terbagi 2 ( dua ) :
Sebelum tahun 1940
Sesudah tahun 1940
Sejarah Komputer
Sebelum Tahun 1940
Bisa dapat digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
Peralatan manual:
Peralatan Mekanik:
Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan Elektronik:
Contoh : Abacus, Kalkulator roda numerik
Sejarah Komputer
Sesudah Tahun 1940
Komputer Generasi I
( 1940-1959 ).Komputer Eniac
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi II ..
Sudah menggunakan memori sekunder seperti:
magnetik tape yang berbentuk removable disk
Kecepatannya operasi mendekati jutaan operasi perdetik
Komputer Generasi III (1964-1970)
Komponen menggunakan IC (Integrated Circuit)
Program menggunakan bahasa tingkat tinggi
Ukuran fisiknya jauh lebih kecil dari generasi II dan membutuhkan daya listrik yang lebih hemat
Sudah menggunakan memori sekunder yang berkapasitas besar dan bersifat random access
Kecepatannya dari jutaan operasi perdetik.
Multiprocessing dan multiprogramming
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi IV (1970 - 1982)
Komponen menggunakan LSI IC (Large Scale Intregation Integrated Circuit)
Program menggunakan bahasa tingkat tinggi
Ukuran fisiknya bervariasi menyesuaikan kapasitas data dan keperluan-2 khusus
Sudah menggunakan memori sekunder yang berkapasitas besar dan bersifat random access
Kecepatannya dari mega hingga nano operasi perdetik.
Multiprocessing, alat input outputnya sudah berbasis grafik
Kemampuan komunikasi data antar komputer
Harga semakin murah
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi V (1982 - ?)
Kecepatannya operasi bukan isu utama lagi
Graphical User Interface/GUI dan kecerdasan buatan menjadi aspek penting mendasari OS dan sebagian besar aplikasi
Bahasa pemrograman berorientasi obyek
Pengolahan data bersifat terdistribusi/tersebar
Masih terus berkembang…
Perkembangan Bahasa Pemrograman
Klasifikasi Komputer
Klasifikasi komputer ditentukan oleh ukuran data, Kecepatan pengolahan, tujuan khusus.
Klasifikasi itu adalah sbb:
Super Computer
Mainframe
Mini Computer
Personal Computer
Note Book Computer (laptop)
Personal Digital Assistants (PDA)
SUPER KOMPUTER
Penelitian didasarkan pada kekuatannya untuk mempelajari arus samudra HECToR yang memungkinkan untuk membangun bagian-bagian kecil dalam memajukan penggabungan komputerHECToR untuk membuat pesawat perang yang lebih tidak terlihat oleh radar.
Proyek-proyek lainnya termasuk penelitian superkonduktor, mesin pembakar, dan material-material baru.
Pada saat ini ilmuwan sangat tertarik pada super komputer yang compatibel karena mereka tahu itu; ilmuwan bekerja di lapangan berinterval dari kosmologi dan fisika atom ke simulasi bencana dan peduli kesehatan akan juga memakai komputer.
Mesin ini adalah salah satu penemuan yang paling mutahir dan terbesar saat ini, beberapa ilmuwan berkata"inilah teknologi yang kami cari" mesin ini yang berdiri atas nama HECToR yang berarti High-End-Computing-terascale-Resource. Super komputer ini dibuat di USA dan pemimpin pabriknya berada dalam salah satu perusahaan yang bertanggung jawab yaitu Cray.Inc
Komunikasi Data
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan jaringan, maka komputer modern merupakan komputer-2 yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan serta dapat saling mentransmisikan data dan bertukar informasi.
Arah Transmisi data:
Simplex (Hanya satu arah)
Half Duplex (Dua arah namun hanya satu pada waktu yang sama)
Full Duplex (Dua arah pada waktu yang bersamaan)
Media Transmisi
Kabel: Twisted Pair, Coaxial, Fiber Optik
Nir Kabel: gelombang Radio, Microwave, Satelite
Komunikasi Data
Komunikasi Data
3 Macam Jaringan berdasarkan cakupan geografisnya:
Local Area Network (LAN)
Metropolitan Network (MAN)
Wide Area Network (WAN )
Local Area Network (LAN)
Sekilas Internet
Diawali dengan riset oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) suatu proyek riset dari Departemen Pertahanan AS
Membangun ARPANET
Menghubungkan empat Lokasi
– UCLA
– University of Utah
– Standford Research Institute
– University of Santa Barbara
Apa itu internet
Koneksi ke Internet
Persyaratan koneksi ke internet adalah sbb:
Sebuah Personal Computer yang dapat menjalankan aplikasi browser
Sebuah Modem
Saluran Telpon
Member dari Internet Service Provider
Aplikasi Browser
Netscape Navigator
Internet Explorer
Mozaic, Opera, Mozila Firefox, dll
Layanan Standard Internet
• Mirip dengan Snail mail (surat konvensional)
• Harus memiliki alamat pengirim dan tujuan
• Email akan disimpan dalam sebuah emailbox, sehingga sipenerima tidak harus senantiasa terhubung ke internet
• Harus memiliki sebuah account pada email server yang berada pada sebuah Internet Service Provider (ISP)
• Email server dapat dihubungi dari manapun kita berada. Semua ini dimungkinkan karena adanya dua buah protokol masing-2 adalah Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) dan Post Office Protokol(POP)
Anatomi Alamat Email
whanz@stmik.ac.id
• User name sebagai identitas pengirim dapat berupa nama, alias ataupun nickname : whanz
• Diikuti oleh tanda axon “@”
• Sesudah itu domain name yang menunjukkan nama organisasi pemilik : “stmik.ac.id”
• Bagian paling belakang adalah informasi untuk:
– .com menunjukkan lembaga-lembaga komersial
– .edu, .ac lembaga pendidikan
– .gov lembaga pemerintah, .mil utk militer
– Dapat merupakan identitas negara: Singapura (sg), Australia (au), Amerika (us), Kanada (ca), Inggris (uk)
Jenis-jenis Email (Berdasarkan mekanisme)
• POP Email/Organization Email
Email yang diselenggarakan oleh organisasi dari pemakai ataupun ISP
• Web based email/Free Email
Email yang diselenggarakan oleh sebuah situs/portal tertentu
Sering bersifat gratis, misal: yahoo.com,lycos.com, astaga.com dsb
• Email Forwarder
Suatu cara untuk membuat alias dari alamat
email yang lain
Organizational E-mail
Web Email
Variasi Bentuk Email
• Point to Point
Mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu
• Carbon Copy
Membuat tindasan/tembusan pesan kepada user lain
• Blind Carbon Copy
Si penerima email utama tidak tahu kepada siapa email itu
ditembuskan
• Distribution List
Informasi bersifat searah ditujukan kepada seluruh anggota
didalam list
• Discussion List/Mailing List
Informasi bersifat dua arah dan ditujukan kepada semua anggota didalam list
Email Abuse
• Spamming, email yang ditujukan kepada orang-orang yang tidak menghendakinya, bisa tunggal bisa juga banyak dan dapat ditujukan kepada banyak orang
• Spoofing, penyalahgunaan alamat email oleh orang lain. Bila kita menjadi korban spoofing maka akan ada orang lain yang seolah-olah menerima email dari kita, padahal sebenarnya orang lain yang mengirimkan email tersebut
• Virus email, virus memang dapat menyebar melalui email, tetapi tidak melalui emailnya itu sendiri melainkan melalui attachment file.
• Hoax, email yang isinya tipuan, menakut-nakuti, atau menjanjikan pada kita sesuatu yang sebenarnya mustahil.
Netiket Pada Email
• Tidak menulis dengan huruf besar semua karena dapat dipersepsikan berteriak
• Menggunakan emoticon/smiley untuk menunjukkan emosi kita
• Memberitahu alamat sebuah situs menarik kepada orang lain
cukup dengan menulis alamatnya saja.
• Sebuah milis biasanya memiliki tujuan / topik tertentu, usahakan jangan menulis sebuah pikiran yang berbeda dengan topik yang sudah ditetapkan
• Dalam menjawab sebuah email jangan menyertakan seluruh isi dari email sebelumnya, editlah sehingga hanya bagian-2 penting saja yang dimuat.
• Jika menggunakan fasilitas email bersama, lakukan secera off-line shg pengiriman menjadi cepat, efektif dan efisien
• Hindari penulisan baris yang terlalu panjang
• Perlu dihindari pengiriman email dengan file attachment yang besar, karena berakibat waktu download yang lama. Hal ini dapat dilakukan atas seijin sipenerima
World Wide Web (WWW)
Adalah suatu layanan internet yang mampu menyajikan informasi baik berupa teks, grafik, animasi, dan multimedia
URL (Uniform Resource Locator)
Navigasi Informasi
• Searching Informasi dapat menggunakan Search Engine.
• Harus tahu Keyword Informasi yang akan dicari.
• Beberapa Search Engine Internet
– http://www.yahoo.com/
– http://www.altavista.digital.com/
– http://www.lycos.com/
– http://www.webcrawler.com/
– http://www.google.com/
– Dll
Search Engine.
Internet Media Komunikasi Dunia
• Sebagai media penyebaran informasi
– Memiliki banyak kelebihan dibandingkan media massa lain.
– Mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia
– Untuk menjangkau 60 juta orang :
• Butuh 30 tahun untuk radio
• Butuh 15 tahun untuk televisi
• Butuh 3 tahun untuk Internet
Internet Media Komunikasi Dunia
• Internet sumber informasi utama
– Informasi apapun (baik/buruk/bermanfaat) bisa dicari di Internet
– Banyak perusahaan bisnis sudah membangun situs Web. Situs komersial tumbuh paling cepat
– Bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak)
• Kompas Cyber Media, Detik, Satunet, CNN, dll
– Trend : Informasi akan gratis
• Encyclopedia Britannica, 32 set buku tersedia gratis di Internet
• The more information you share, the greater your return on that information
Pemanfaatan Internet
• Munculnya kantor modern
• E-shopping
• E-banking
• On-line Ticketing
• On-line newspaper
• On-line medical advice
Trend Masa Depan
• Semua serba e :
– e-trade
– e-shopping
– e-business
– e-govt
• Akses ke Internet tanpa perlu PC
– lewat PalmPilot, kabel TV, HP, dll
• Telepon selular sudah mampu menjalankan berbagai aplikasi nternet
– Akses Internet dari mana saja
Kesimpulan
• Teknologi informasi merupakan perkawinan antara teknologi komputer dan Telekomunikasi
• Kelebihan komputer dari teknologi lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram sehingga dapat menjalankan berbagai macam tugas
• Teknologi Informasi berkembang dengan kecepatan yang menakjubkan dibandingkan dengan teknologi lainnya
• Aplikasi TI telah merambah berbagai aspek kehidupan manusia
• Dalam era informasi global, informasi telah menjadi kebutuhan utama seperti layaknya kebutuhan pokok manusia lainnya.
• Internet sumber informasi utama dan sumber penyebaran informasi tercepat
• Trend kehidupan masa depan semua akan serba “e”
Transitional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar